7 Aktivitas Seru Saat Berwisata Ke Pulau Pari

Halo traveler unyu, kali ini saya akan bercerita mengenai tempat berlibur super murah tapi gak murahan, yuk saya perkenalkan dengan pulau Pari. Berwisata ke pulau pari memiliki banyak kelebihan yaitu minim biaya karena letaknya masih termasuk ke dalam wilayah Jakarta. Jadi traveler yang berminat ke pulau pari, tidak usah repot-repot memikirkan biaya transportasi yang biasanya membengkak karena kita harus memesan tiket pesawat atau kereta api pulang pergi.

Kalau mau ke pulau pari cukup menyiapkan uang Rp 25.000 untuk biaya perahu motor yang mampu mengangkut hingga puluhan traveler. Traveler bisa naik dari dermaga muara angke. Pastikan jam 7 sudah di tempat yah, karena perahu-perahu motor ini hanya melayani dua kali perjalanan yaitu pagi hari dan siang hari. Saya gak rekomen buat naik jadwal yang siang karena jumlah perahu yang beroperasi lebih minim. Lucunya, kalau sedang musim liburan suasana perahu motor mirip kayak kereta api dan busway, mau selonjor kaki saja kok susah dan banyak traveler yang rela berdiri di dalam kapal. Tapi  suasana penuh sesak di kapal adalah part yang seru, kapan lagi bisa begini. Cek deh foto suasana kapal yang membawa saya ke pulau Pari….yuuuk

IMG_6372
Perahu Motor Menuju Pari (Dok.Dynaputri)

Semenjak berwisata ke kepulauan seribu menjadi populer, animo masyarakat tak pernah surut, apalagi kalau ada long weekend di kalender, pasti kapal dipenuhi oleh traveler. Namun jangan khawatir tidak kebagian yah, perahunya cukup banyak dan bisa mengangkut banyak orang kok. Tidak usah menunggu long weekend buat traveling ke sini, karena lokasinya yang dekat dari jakarta dan harganya yang terjangkau, we can go to every weekend that we have! Horaaaai

Setelah dua jam menempuh perjalanan laut menuju pulau pari, ada banyak banget aktivitas seru yang bisa traveler lakukan, because it’s holiday what ever you do, you must  do it with smile. Di Pulau pari traveler bisa  lupakan masalah yang menghimpit di ibukota dari mulai kerjaan, sekolah, sampai masalah pacar. Enaknya ngapain aja yah? here something that make me smile while I’m lost in Pari.

7 Aktivitas Seru di Pulau Pari

1. Memotret Hewan  Tokek

Traveler yang sudah pernah ke pulau pari pasti setuju dengan pernyataan bahwa pulau pari punya banyak hewan tokek. Suara tokek yang bersaut-sautan menghiasi pendengaran ketika menelusuri jalan-jalan di pulau pari. Dan berhubung hanya satu dari sepuluh orang yang sudah pernah lihat hewan tokek dengan mata kepala sendiri, jadi hunting foto hewan tokek bisa dijadikan aktivitas seru ketika berwisata ke pulau pari. Traveler bisa ikuti petunjuk berupa suara tokek yang bersaut-sautan, saya pun menemukan tokek diantara gelapnya ilalang keitika menuju ke loket pantai perawan. Ngaku deh, kalian belum pernah lihat toket secara jelas kan? Ternyata tokek itu lebih keren dari cicak.

Ini dia, si tokek pari…

tokek
Tokek Pari (Dok.Ibnu)

2. Memegang Bintang Laut

Traveler yang penasaran dengan apa rasanya jika kulit bintang laut bersentuhan dengan kulit kita maka wajib mencoba aktivitas ini. Bintang laut bisa ditemukan pada sore hari di pantai perawan. Memegang bintang laut hanya mungkin dilakukan sore hari saat air laut surut sehingga traveler bisa berjalan jauh menelusuri pantai. Saat inilah traveler akan menemukan banyak bintang laut, tapi ingat yah, jangan terlalu lama mengangkat mereka dari air karena bintang laut hanya bisa bernafas di dalam air.

IMG_6594
Bintang Laut Pulau Pari (Dok.Dynaputri)

3. Bersepeda di Pulau Pari

Bersepeda sambil menelusuri jalan-jalan di pulau pari bisa menyembuhkan kegalauan lho. Apalagi kalau bersepeda bersama sahabat-sahabat terdekat yang menyenangkan. Traveler bisa menyewa sepeda dengan harga Rp 15.000 seharian. Wow, murah sekali kan. Mari bersepeda berkeliling pulau sambil menikmati hembusan angin laut. It will embrace your smile guys.

IMG_6577
I want 2 Ride My Bicycle (Dok.Dynaputri)

4. Naik Perahu Kano

Pantai perawan merupakan spot paling indah di pulau pari, lautnya yang biru jernih serta pantainya yang bersih membuat kita betah berlama-lama. Apalagi di sepanjang pantai perawan banyak warung makan yang menyediakan es kelapa dingin yang asli enak dan segar. Selain duduk santai menikmati laut, traveler bisa mengelilingi pantai perawan dengan menyewa perahu kano. Harga sewa Rp 30.000 untuk satu perahu dengan kapasitas maksimal 4 orang. Waktu terbaik untuk menyewa kano adalah sore hari ketika matahari sudah tidak terlalu terik.

Picture 063
Kano Trip at Pari Island (Dok.Dynaputri)

5. Makan Rujak Pedas di Pinggir Pantai

Makan rujak di pinggir jalan raya sudah biasa. Namun yang satu ini luar biasa, yuk nyobain makan rujak di pinggir pantai. Dijamin seru deh, apalagi kalau ditemani es kepala dingin sebagai teman si rujak, setelah pedas-pedas ditenggorokan langsung neguk es kelapa tuh rasanya kayak…Heaven. Do I still on earth?

IMG_6808
Rujak Pedas Pulau Pari

6. Berbelanja di Pasar Dermaga

Beruntung sekali yah traveler, saya berkesempatan melihat seperti apa sih pasar dermaga di pulau pari. Sayangnya pasar dermaga tidak terus menerus ada lho, karena biasa dilakukan secara bergilir dari pulau ke pulau. Penjualnya saja berasal dari luar pulau yaitu Tanjung Priok. mereka biasa menjajakan barang dagangan secara bergantian, jadi minggu ini di pulau pari dan minggu depannya ke pulau pulau lain yang masih berada di wilayah kepulauan seribu seperti pulau tidung dan pulau pramuka. Yang dijual sih biasa aja, dari mulai pakaian, kacamata, alat-alat rumah tangga dan lain lain. Tapi seru sekali lho berkunjung ke pasar dermaga, suasananya ramai bahkan masyarakat lokal pulau pari merasa terhibur dengan kehadiran pasar dermaga ini.

IMG_6756
Pasar Dermaga Pulau Pari (Dok.Dynaputri)

7. Tertidur Culas Ketika Matahari Terbenam

Tidur di pinggir pantai sambil mendengarkan lautan yang tenang dilatari oleh semburat jingga kemerahan dari matahari yang terbenam adalah moment yang ditunggu-tunggu oleh semua traveler pecinta laut seperti saya. Biar tambah seru, jangan lupa mainkan musik-musik galau dan bernyanyi pelan. Atau mau nyanyi keras-keras juga gak masalah, because the beach was belong to us.

leyeh di pantai
Traveler galau (Dok.Dynaputri)

 Sekian traveler, see ya next journey.